Selasa, 28 Oktober 2014

Perpustakaan Sumber Belajar Sepanjang Masa



Perpustakaan Sumber Belajar Sepanjang Masa

Sebuah bangunan yang berisi koleksi bahan pustaka. Bangunan yang pasti dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan. Sebuah bangunan yang didirikan bukan hanya sebagai suatu kewajiban dalam pendirian sebuah lembaga pendidikan. Tetapi lebih dari itu, bangunan itu didirikan untuk menopang kemajuan dan semangat juang bangsa untuk dapat bersaing di era global. Bangunan itu didirikan untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa ini, mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangunan itu adalah perpustakaan.
Perpustakaan hadir bukan hanya untuk memenuhi nilai akreditasi dari sebuah lembaga pendidikan, tetapi perpustakaan hadir untuk memenuhi kebutuhan belajar anak bangsa. Perpustakaan ada untuk menjawab semua tantangan globalisasi yang semakin memanas. Perpustakaan ada untuk memberikan sarana pembelajaran terbaik sepanjang masa. "Nam et ipsa Scientia Potesta Est" atau Knowledge is Power adalah ungkapan dari Francis Bacon yang seringkali digunakan untuk menggambarkan peran dan manfaat dari pengetahuan.
Selama ini sebagian besar orang beranggapan bahwa perpustakaan hanya sebagai tempat belajar dan membaca buku, tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan jika berada di dalam perpustakaan. Kemudian orang juga beranggapan bahwa, perpustakaan hanya ada buku, buku dan buku. Namun anggapan-anggapan semacam itu bisa ditepis dan diubah manakala perpustakaan bisa “merubah” dirinya menjadi sebuah tempat yang menyenangkan. Berubah menjadi tempat yang nyaman sehingga membuat siapapun yang berada di dalamnya akan merasa betah di sana. Bahkan, jika kondisi tubuh dalam keadaan lelah, mungkin mata bisa terpejam dalam kenyamanan suasana itu. Kini, perpustakaan tersebut hadir semakin dekat dengan kita. Hanya sedikit saja mau bergerak, maka perpustakaan selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin menjelajah di dalamnya.
Mungkin banyak orang masih bertanya, apakah benar perpustakaan bisa berubah sedemikian rupa sehingga membuat orang semakin bertambah wawasan pengetahuannya, merasa nyaman dan terhibur jika berada di dalamnya? Perpustakaan itu tidak lagi hanya berisi buku, namun ada hal lain yang menarik. Perpustakaan berisi kaya akan informasi yang bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi siapa saja yang mau memanfaatkan.
Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya adalah salah satu contoh dari perpustakaan yang berusaha mengubah paradigma negatif kebanyakan orang tentang perpustakaan. Karena sebenarnya perpustakaan bukan suatu tempat yang membosankan. Perpustakaan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan belajar sivitas akademika STIE Perbanas Surabaya, mulai yang bersifat ilmiah hingga non-ilmiah. Perpustakaan yang berusaha memberikan yang terbaik bagi penggunanya. Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi penggunanya.
Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya menyampaikan informasi yang dimiliki melalui berbagai media yang ada, baik itu media cetak maupun elektronik. Media cetak yang berisi informasi terbaru seperti jurnal, surat kabar dan majalah. Media elektronik pun demikian, bagi yang memiliki komputer jinijing/laptop bisa mengakses internet di seluruh area perpustakaan dengan menggunakan fasilitas wi-fi dan bagi yang tidak membawa laptop bisa menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. Fasilitas komputer yang bisa digunakan untuk mengakses internet tersebut berada di ruang digital collection Tentunya informasi di internet yang dizinkan untuk diakses adalah informasi yang bersifat mendidik atau pendidikan
Selain menyediakan informasi terbaru, perpustakaan juga mempunyai layanan lain seperti koleksi video edutainment yang mana dalam video-video tersebut sifatnya menghibur dan juga mendidik. Salah satu koleksi video yang dimiliki adalah video kumpulan biografi orang-orang sukses, yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan dan memacu semangat agar bisa menjadi sukses pula. Selain koleksi video edutainment, ada juga layanan yang lebih seru yaitu belajar bahasa Inggris mandiri. Yang mana pengunjung bisa belajar bahasa Inggris sendiri menggunakan fasilitas yang telah disediakan, seperti video berbahasa Inggris, listening menggunakan koleksi audio, buku-buku berbahasa Inggris bahkan sampai belajar Test of English as a Foreign Language atau yang biasa disebut TOEFL. Dalam tes tersebut, pengguna bisa mengetahui skor/nilai akhirnya secara langsung dari tes yang telah. Semua fasilitas tersebut bisa diakses di ruang ESAC (English Self-Access Center), tentunya hanya ada di perpustakaan STIE Perbanas Surabaya.
Tidak hanya koleksi yang bersifat informasi terkini dan menghibur saja, koleksi bahan pustaka yang dimiliki Perpustakaan STIE Perbanas Surabaya pun juga bersifat ilmiah. Koleksi tersebut bisa digunakan sebagai bahan rujukan/referensi penelitian. Salah satu koleksi yang bersifat ilmiah tersebut adalah jurnal ilmiah yang berasal dari dalam dan luar negeri. Jurnal ilmiah tersebut ada yang dalam bentuk cetak dan dalam bentuk digital. Koleksi dalam bentuk digital tersebut bisa diakses kapan saja dan di mana saja (asal terhubung dengan internet) dengan menggunakan username dan password yang sesuai. Username dan password bisa dilihat di web perpustakaan STIE Perbanas Surabaya, yaitu www.library.perbanas.ac.id. Karena di dalam web tersebut terdapat link yang berisi jurnal-jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah dalam bentuk digital tersebut bisa juga dimanfaatkan di ruang perpustakaan dengan menggunakan fasilitas komputer yang telah disediakan di ruang digital collection. Dalam ruang digital collection, selain memanfaatkan koleksi jurnal ilmiah dalam bentuk digital, pengunjung juga bisa memanfaatkan koleksi digital lainnya dimiliki perpustakaan, misalnya CD suplemen buku, CD skripsi, CD majalah dan lain sebagainya. Selain jurnal-jurnal ilmiah, perpustakaan juga menyediakan contoh-contoh dari karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika STIE Perbanas Surabaya seperti laporan penelitian, tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi.
Perpustakaan merupakan sebuah tempat yang memberikan fasilitas belajar ynag nyaman dan murah serta dapat dijangkau oleh siapapun. Perpustakaan juga berkembang mengikuti zaman dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan informasi dan memberikan yang terbaik kepada khalayak umum. Jadikan perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar